Oleh-oleh Paling Aman Bagi Lelaki Adalah Kopi

Betulkah, atau hanya saya yang berpendapat demikian? Sewaktu mudik kemarin, saya memang bingung, akan membawa pulang apa. Makassar adalah kota kelahiran saya. Paling banyak orang mengetahui tentang Makassar adalah Pantai Losari. Seperti halnya Monumen Nasional (Monas) di Jakarta. Pun begitu, tidak mungkin saya membawa Pantai Losari dalam tas sebagai oleh-oleh.

Selain Pantai Losari, orang dari luar Makassar paling akrab dengan kuliner berkuah seperti Coto Makassar, Sop Saudara atau Pallubasa. Ada juga yang khas seperti Mie Kering atau akrab dikenal dengan sebutan Mi Titi.

Cuman, kalau membawa semua makanan berkuah itu pun, juga masih perlu ditimbang, sebab sedikit merepotkan. Jadi, saya memutuskan hanya membawa berbungkus-bungkus Kopi Toraja. Selain harganya tidak mahal-mahal amat, kemasannya juga sederhana. Ada yang dibungkus plastik atau kemasan karton alakadarnya. Harganya juga tidak mahal.

Mendapatkan bungkusan Kopi Toraja di Makassar susah-susah gampang. Maklum, kebanyakan orang hanya mengenal kopi toraja lewat warung-warung kopi di Makassar yang menjamur sampai sekarang. Tapi kalau mengenal tempat jajanan oleh-oleh di Makassar, bisa dipastikan 99 persen pasti ada Kopi Toraja.

Jalan Somba Opu, adalah salah satu pusat jajanan oleh-oleh yang paling terkenal di Makassar. Lokasinya sekitar 20 meter dari Pantai Losari. Di sebelah kiri-kanan jalan ini sedikitnya ada ratusan puluhan rumah toko oleh-oleh.

Jalan Somba Opu letaknya tak jauh dari Benteng Fort Rotterdam, jaraknya, kira-kira 50 hingga 100 meter. Tapi jika berjalan kaki, sebenarnya, lebih asyik lewat Pantai Losari. Selain dekat, suasana semilir angin pantai masih bisa dinikmati sambil berjalan kaki. Berjalan kaki-meski berkeringat, tak terasa sebab angin pantai yang menyejukkan.

Harga sebungkus Kopi Toraja bervariasi. Mulai dari ukuran 250 gram hingga setengahnya lagi (125 gram). Untuk ukuran 125 kg jenis kopi robusta harganya masih Rp25 ribu. Robusta tentu berbeda dengan Arabika. Untuk Arabika jelas kualitasnya lebih baik. Rasanya juga lebih lembut di lidah. Harga jenis kopi Arabika toraja ini bisa mencapai Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per 250 gramnya.

Kalau memilih merek, saya sarankan pilihlah yang kemasan plastik. Karena kemasan bungkusan lain biasanya lebih mahal. Kalau untuk merek, pilihlah merek Setia. Kopi Setia, paling terkenal untuk olahan kopi toraja Robusta-Arabika. Merek ini juga lazim dimanfaatkan oleh para pemilik warkop Makassar sebagai kopi sajian utama mereka. Kemudian, untuk pilihan toko oleh-oleh, saya juga menyarankan mencari toko yang tidak terlalu besar. Kalau untuk Kopi Toraja merek Setia bisa didapati di Toko Bajipamai terletak Jalan Baji Pamai.

Soal Citarasa" Untuk citarasa, tak usah meragukan Kopi Toraja. Tahun 2007 lalu saya mengutip informasi dalam kontes kopi jenis Arabika terbaik dunia yang dibuat di Amerika, Kopi Toraja menempati urutan kedua terbaik soal citarasa. Peringkat pertama masih ditempati Kopi Lintong atau Kopi Ateng (Aceh Tengah). Kopi dengan biji kopi berpostur pendek ini memperoleh nilai 86. Kopi Toraja mendapatkan poin 82, sedang Kopi Lampung mendapat poin 80.

Soal citarasa apa yang paling khas dari Kopi Toraja? Menjawab ini tentu saja cukup sulit. Tapi, akan mudah jika anda sering menikmati kopi di waktu senggang. Ya, minimal setiap hari. Untuk mengetahui bagaimana citarasa Kopi Toraja, cukup dengan membandingkannya dengan kopi biasa jenis Kapal Api. Caranya, masaklah air hingga mendidih di dua tempat dan nampan berbeda. Saat mendidih, kecilkan nyala api kompor, lalu masukkan masing-masing dua jenis kopi tersebut. Besarkan apinya, setelah keduanya berbusa, matikan kompor. Ambil saringan, lalu nikmati pada secangkir berbeda. Jangan diminum dulu karena masih panas.

Hirup aromanya, yang mana tajam, Kopi Toraja atau Kopi Kapal Api. Saya yakin 100 persen, aroma paling kuat dihasilkan Kopi Toraja. Sekadar catatan, saya sudah membandingkan Kopi Lampung, Kopi Medan, dengan Kopi Toraja. Toraja masih pantas bagi saya dibandingkan Kopi lainnya.

Jika ada pertanyaan Kopi Luwak adalah kopi terenak di dunia, tunggu dulu! Saya tak sepakat. Kalau kopi termahal ya barangkali. Tapi terenak dan paling bercitarasa belum tentu. Luwak hanya menang diprosesnya saja karena melalui hasil cerna hewan musang. Itu yang membuat kopi ini unik. Tapi semakin canggih kopi itu, semakin kita tertantang untuk mencobanya. Selamat menikmati, hingga ampas penghabisan.

Comments

  1. Oleh2 terbaru khas makassar jika anda berkunjung ke makassar,
    Abon ikan bandeng Assyifa, terbuat dari daging ikan bandeng segar, yg merupakan hasil utama petani tambak di sekitar makassar,
    Unik untuk dijadikan oleh2 bagi teman/kerabat/atasan anda.
    Bisa diperoleh di toko oleh2 di Jl. Somba Opu, Jl. Pasar Ikan (depan MGH), Jl. Pattimura (Toko Unggul), Jl. Datu Museng (Tko Camilan), Jl. Sulawesi (Toko Cahaya), Di Suding (Toko ole2 depan Pompa bensin pertamina), Jl Gunung bawakaraeng(Tk ole2 Karaeng), Toko Oleh2 Phinisi depan Perumahan Beverly Hills Antang.

    ReplyDelete
  2. Kopi toraja memang paling top, silahkan yang butuh kopi toraja bisa hub saya di 08114449883, atau whatsapp 08124237449

    ReplyDelete
  3. Kopi toraja memang paling top, silahkan yang butuh kopi toraja bisa hub saya di 08114449883, atau whatsapp 08124237449

    ReplyDelete
  4. 66 ROASTERY COFFEE
    MENJUAL ANEKA MACAM SAJIAN KOPI MATANG DARI BIJI KOPI PILIHAN DENGAN JENIS :

    1. ARABIKA GAYO
    2. ARABIKA KALOSI
    3. ARABIKA FLORES
    4. ARABIKA TORAJA
    5. ARABIKA WAMENA
    6. ARABIKA IJEN
    7. ARABIKA MANDAILING
    8. ARABIKA GAYO PEABERRY
    9. ARABIKA JAVA DRY
    10. ROBUSTA BALI
    11. ROBUSTA DAMPIT
    12. ROBUSTA GARUT
    13. ROBUSTA FLORES
    14. ROBUSTA TORAJA
    15. ROBUSTA GAYO
    16. LUWAK ROBUSTA
    17. LUWAK PEABERRY ROBUSTA
    18. LUWAK GAYO
    19. LUWAK MANDAILING
    20. PEABERRY BALI
    21. GAYO HONEY
    22. GAYO WINE
    23. LONGBERRY
    24. LINTONG
    25. BERGENDAAL
    26. BOURBON
    27. ROBUSTA SUMO
    28. KOPI O
    29. KOPI BLEND

    MENERIMA PESANAN PEMBELIAN BIJI KOPI MATANG PILIHAN CUSTOMER UNTUK :

    A. KEBUTUHAN PRIBADI
    B. JUALAN PRIBADI
    C. TOKO OLEH-OLEH
    D. TOSERBA
    E. WASERBA
    F. MINIMARKET
    G. SUPERMARKET
    H. MALL
    I. RESTAURANT
    J. KEDAI KOPI
    K. KEBUTUHAN EKSPORT
    L. DLL

    KETERANGAN :
    - KAMI TIDAK MENJUAL GREEN BEAN.

    - KAMI HANYA MENJUAL BIJI KOPI MATANG SESUAI PESANAN PEMBELIAN CUSTOMER MULAI DARI 1 KG SAMPAI 5 TON.

    - PEMBELIAN KOPI MINIMAL 1 KG GRATIS ONGKIR KE 38 KOTA DI INDONESIA
    ( INFO LEBIH JELAS HUBUNGI KAMI ).

    - PEMBELIAN KOPI DIATAS 10 KG GRATIS ONGKIR KE 85 KOTA DI INDONESIA
    ( INFO LEBIH JELAS SEGERA HUBUNGI KAMI ).

    - PEMBELIAN KOPI MULAI 1 KG SAMPAI 5 TON UNTUK KEBUTUHAN EKSPORT , ONGKIR DITANGGUNG PEMBELI.

    - PEMBELIAN KOPI DIATAS 10 KG SAMPAI 5 TON WAJIB BAYAR DP 80% DIMUKA DAN SISA 20 % HARUS DILUNASI SETELAH KOPI SELESAI DIPRODUKSI.

    - SEMUA PEMBAYARAN ATAS PESANAN PEMBELIAN KOPI CUSTOMER DILAKUKAN VIA TRANSFER BANK
    ( INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI KAMI ).

    - KAMI HANYA MEMPRODUKSI KOPI SESUAI PESANAN CUSTOMER YANG SUDAH DILUNASI PEMBAYARAN NYA
    ( HARAP BUKTI TRANSFER UANG PEMBAYARAN PESANAN KOPI CUSTOMER DIKIRIM KAN KEPADA KAMI SEGERA ).

    *** CATATAN :
    _ HARGA KOPI SINGLE ORIGIN MULAI RP.180.000 PER 1 KG.
    _ HARGA KOPI BLEND MULAI RP.300.000 PER 1 KG.
    _ HARGA KOPI CUSTOM MULAI RP.350.000 PER 1 KG.
    ( BELI BANYAK HARGA LEBIH MURAH )

    TATA CARA PEMBELIAN KOPI :

    CONTOH : BELI KOPI LUWAK GAYO 5 KG
    PROFIL “ MEDIUM TO DARK “
    a.n ANISA SWEET COFFEE SHOP
    ALAMAT : HARUS DIISI DENGAN LENGKAP DAN BENAR
    KIRIM KE : 089650091317

    MOTTO KAMI : JANGAN LIHAT HARGA TAPI COBA DULU BELI KOPI PRODUKSI KAMI

    HUBUNGI SEGERA
    CALL / SMS / WHATSAPP ; 089650091317 (24 JAM ONLINE)
    TOMAS

    ReplyDelete

Post a Comment

sekedar jejak..

Popular posts from this blog

Tjoen Tek Kie Nama Toko Obat Kuno di Jalan Sulawesi

Thoeng dan Pecinan di Makassar

Minat itu harus dilatih